Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu (Saccharum Officinarum) Sebagai Bioadsorben Penyerap Logam Besi (II) Pada Air Sumur di Desa Baet Kabupaten Aceh Besar.

Nurliza, 150704020 (2020) Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu (Saccharum Officinarum) Sebagai Bioadsorben Penyerap Logam Besi (II) Pada Air Sumur di Desa Baet Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu (Saccharum Officinarum) Sebagai Bioadsorben Penyerap Logam Besi (II) Pada Air Sumur di Desa Baet Kabupaten Aceh Besar.]
Preview
Text (Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu (Saccharum Officinarum) Sebagai Bioadsorben Penyerap Logam Besi (II) Pada Air Sumur di Desa Baet Kabupaten Aceh Besar.)
Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu (Saccharum Officinarum) Sebagai Bioadsorben Penyerap Logam Besi (II) Pada Air Sumur di Desa Baet Kabupaten Aceh Besar..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ampas tebu mengandung berbagai komponen biomassa, selulosa dan lignin yang berpotensi untuk dikonversikan menjadi sumber arang pada proses adsorpsi. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah ampas tebu sebagai bioadsorben dan untuk mengetahui konsentrasi dan waktu kontak terbaik yang dibutuhkan oleh arang aktif untuk menyerap logam besi (II) di dalam air sumur.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Arang ampas tebu dikarbonisasi pada suhu 400oC selama 2 jam, diayak dengan ayakan 100 mesh. Kemudian diaktivasi dengan larutan H2SO4 9% selama 24 jam. Pengujian dilakukan dengan memasukkan bioadsorben ke dalam 50 mL air sumur dengan variasi konsentrasi 1,5; 2; dan 2,5 gram. Kemudian diaduk dengan kecepatan 90 rpm dengan variasi waktu kontak 30, 60 dan 90 menit, lalu dianalisis dengan SSA dan SEM. Adsorpsi besi (II) terbaik dihasilkan dari massa arang aktif 2,5 gram dan waktu kontak 90 menit dengan efisiensi adsorpsi sebesar 97,92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Nurliza Nurliza
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:00
Last Modified: 26 Aug 2020 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13170

Actions (login required)

View Item
View Item