Pelaksanaan Eksekusi Putusan Hakim Pengadilan Tata Usaha Terhadap Sengketa Peberhentian Direktur Teknik Pdam Tirta Daroy Banda Aceh

Samsul Bahri, 160106015 (2020) Pelaksanaan Eksekusi Putusan Hakim Pengadilan Tata Usaha Terhadap Sengketa Peberhentian Direktur Teknik Pdam Tirta Daroy Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pelaksanaan Eksekusi Putusan Hakim Pengadilan  Tata Usaha Terhadap Sengketa Peberhentian Direktur Teknik Pdam Tirta Daroy Banda Aceh]
Preview
Text (Pelaksanaan Eksekusi Putusan Hakim Pengadilan Tata Usaha Terhadap Sengketa Peberhentian Direktur Teknik Pdam Tirta Daroy Banda Aceh)
Samsul Bahri, 160106015, FSH, IH, 082160645117.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan putusan hakim Pengadilan Tata Usaha Negara dalam praktek penyelesaian sengketa Administrasi negara di Indonesia sebahagiannya belum terlaksana sebagaimana semestinya yang disebabkan ketiadaan lembaga eksekutorial, maupun landasan hukum yang kuat mengakibatkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara tidak mempunyai daya paksa. Undang-undang Peradilan Tata Usaha Negara pun tidak mengatur dengan tegas dan jelas mengenai masalah daya paksa putusan Pengadilan Tata Usaha Negara, sehingga dalam pelaksanaan Putusan benar-benar tergantung pada iktikad baik Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara dalam mentaati hukum. Rumusan masalah Bagaimana pelaksanaan putusan hakim PTUN.? Apa sebab tidak terlaksananya eksekusi putusan hakim tersebut? Sehingga dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan putusan hakim dan sebab mengapa tidak terlaksananya putusan hakim tersebut. Dalam meneliti sengekta ini penulis menggunakan metode (Sosiologis research) lebih kepada penelitian lapangan apa yang terjadi, untuk mengatasi dan meminimalisir putusan hakim PTUN yang tidak terlaksana diperlukan adanya eksekutor putusan, serta perbaikan pada landasan Undang-Undang yang bersifat lebih konkrit dan memaksa Pelaksanaan putusan hakim PTUN sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.6 Hukum Peradilan (Qada`)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Samsul Bahri
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:48
Last Modified: 27 Aug 2020 01:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item
View Item