Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia di MAN 1 Aceh Barat.

Nadia Ragda Zafira, 150208117 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia di MAN 1 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia di MAN 1 Aceh Barat)
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia di MAN 1 Aceh Barat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN 1 Aceh Barat menunjukkan proses pembelajaran kimia berlangsung satu arah yaitu dari guru kepada peserta ddik dan tidak menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang aktif. Salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan tersebut adalah penerapan model CPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pra-eksperimen menggunakan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA.4 MAN 1 Aceh Barat yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan persentase. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh nilai dari uji t yaitu thitung ≥ ttabelyaitu 5,25 ≥ 1,699 dimana Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI.MIA.4 di MAN 1 Aceh Barat dengan penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solvingdapat berpengaruh pada materi termokimia.Hasil persentase respon siswa yang menjawab sangat setuju yaitu 16%, setuju yaitu 73,33%, tidak setuju yaitu 10,66% dan yang menjawab sangat tidak setuju yaitu 0% yang mengindikasikan siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran Creative Problem Solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nadya Ragda Zafira Nadya
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:53
Last Modified: 27 Aug 2020 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item
TOP