Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Seven In One pada Kelas IV MIN 46 Aceh Besar

Tria Marvida, 160209032 (2020) Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Seven In One pada Kelas IV MIN 46 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Seven In One pada Kelas IV MIN 46 Aceh Besar)
Tria Marvida, 160209032, FTK, PGMI, 082363873657.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru bidang studi Matematika di MIN 46 Aceh Besar menunjukkan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran pada materi bangun datar masih jarang digunakan. Hal ini menyebabkan siswa kesusahan dalam menguasai materi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti ingin melakukan uji coba sebuah pembelajaran dengan menggunakan media yang dapat membantu siswa lebih menguasai materi pembelajaran yaitu pembelajaran melalui penggunaan media Seven In One. Penelitian ini berjudul “Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Seven In One Pada Kelas IV MIN 46 ACEH BESAR”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui penggunaan media Seven In One dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media Seven In One. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MIN 46 ACEH BESAR yang berjumlah 38 siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain Nonequivalent control grub design pre-test post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal Pre-Test dan Post-Test pada kelas eksperimen dan kontrol. Setelah data penelitian terkumpul maka dilakukan uji normalitas. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa semua data Pre-Test dan Post-Test hasil belajar siswa baik di kelas ekperimen dan kontrol berdistribusi normal karena memiliki nilai signifikan 0,05. Data dilakukan uji homogenitas, hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data penelitian berasal dari populasi yang memiliki varians yang sama karena memiliki nilai siginifikan 0,05. Kriteria pengujian hipotesis yaitu terima Ha jika nilai signifikan 0,05. Terima Ho jika nilai signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis Independent Sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 0,05, dengan demikian Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui penggunaan media Seven In One dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media Seven In One.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd Pembimbing II : Nida Jarmita, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Bangun Datar dan media Seven In One
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tria Marvida
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:49
Last Modified: 27 Aug 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13180

Actions (login required)

View Item View Item
TOP