Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Melalui Digital Marketplace

Khairunnisak, 150602175 (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Melalui Digital Marketplace. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Melalui Digital Marketplace]
Preview
Text (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Melalui Digital Marketplace)
Khairunnisak, 150602175, FEBI, ES, 081376080366.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Digital marketplace merupakan situs jual beli online yang menawarkan layanan penjualan secara lengkap yang memfasilitasi transaksi jual beli aneka ragam produk dari penjual ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen muslim dalam membeli produk halal melalui digital marketplace dengan pendekatan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekpektasi kinerja, ekpekasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas sebagai variabel eksogen dan niat pembelian sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 296 sampel yang didapat dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan Amos 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung ekpektasi kinerja (performance expectancy) dan pengaruh sosial (social influence) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melakukan pembelian (behavioral intention). Sedangkan ekpektasi usaha (effort expectancy) tidak berpengaruh siginifikan terhadap niat pembelian (behavioral intention). Kondisi fasilitas (facilitating conditions) tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian produk halal melalui digital marketplace (use behavior). Dan niat pembelian (behavioral intention) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian produk halal melalui digital marketplace (use behavior). Secara tidak langsung ekpektasi kinerja (performance expectancy), ekpektasi usaha (effort expectancy) dan pengaruh sosial (social influence) tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap perilaku pembelian produk halal melalui digital marketplace (use behavior).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nilam Sari, M.Ag Pembimbing II : Ima Dwitawati, M.B.A
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.211 Salam (Pemesanan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Khairunnisak Khairunnisak
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:56
Last Modified: 28 Aug 2020 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item
View Item