Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Sebagai Produk Paling Dominan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Darussalam.

Cut Fitrah, 150603177 (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Sebagai Produk Paling Dominan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Darussalam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Sebagai Produk Paling Dominan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas  Darussalam.]
Preview
Text (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Sebagai Produk Paling Dominan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Darussalam.)
Cut Fitrah, 150603177, FEBI, PS, 085338160466.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah adalah akad jual beli barang dengan menyatakan biaya perolehan dan keuntungan yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Hampir di seluruh bank syariah produk pembiayaan yang paling dominan digunakan adalah produk murabahah, hal ini lah yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembiayaan murabahah sebagai produk paling dominan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Darussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan juga menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diambil langsung dari tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh faktor yang mempengaruhi dominannya pembiayaan murabahah, yaitu faktor transparansi, risiko lebih rendah, kebutuhan masyarakat, prinsip negosiasi, permintaan pasar, sistem pembayaran secara angsuran, dan terhindar dari riba. Keseluruhan faktor-faktor tersebut dilihat dari dua sudut pandang yaitu sudut pandang bank dan sudut pandang nasabah. Lembaga keuangan khususnya di Aceh diharapkan untuk lebih efektif lagi dalam melakukan sosialisasi terhadap produk-produk bank syariah, terutama produk murabahah produktif guna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Israk Ahmadsyah, B.Ec.,M.Ec.,M.Sc Pembimbing II : Syahriyal, S.E.,M.M
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan murabahah dan produk dominan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Cut Fitrah
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:58
Last Modified: 28 Aug 2020 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item
View Item