Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Alat-alat Optik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam

Karlina, 150204115 (2020) Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Alat-alat Optik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Alat-alat Optik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam]
Preview
Text (Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Alat-alat Optik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam)
Karlina, 150204115, FTK, PFS, 081264820231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada materi alat-alat optik disebabkan oleh proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru, guru masih menggunakan metode ceramah, peserta didik kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar, ketika guru menyampaikan materi peserta didik terlihat pasif, peserta didik hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru, dan kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media video terhadap hasil belajar peserta didik pada materi alat-alat optik di kelas VIII SMP Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII-b dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-c dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda kemudian analisis data dengan menggunakan uji-t. Hasil skor rata-rata post-test kelas eksperimen berbeda signifikan dengan skor rata-rata post-test kelas kontrol dengan menunjukkan thitung>ttabel yaitu thitung 3,08 = dan ttabel = 1,68, dengan Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian dapat disimpulkan bahwa dengan media video berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dimana kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran media video, sedangkan pada kelas kontrol diajarkan dengan metode ceramah sehingga terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh media video membuat proses pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D Pembimbing II : Rusydi, S.T, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media video, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Karlina Karlina
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:54
Last Modified: 31 Aug 2020 01:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item
View Item