Pengaruh Keberagaman Dialek Bahasa Aceh Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Uin Ar-Raniry (kajian sosiolinguistik)

Misfardi, 150501005 (2020) Pengaruh Keberagaman Dialek Bahasa Aceh Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Uin Ar-Raniry (kajian sosiolinguistik). Skripsi thesis, Uin Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (kajian sosiolinguistik)
Misfardi, 150501005.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Keberagaman Dialek Bahasa Aceh Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Uin Ar-Raniry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh, keberagaman, dan pandangan dialek bahasa Aceh dalam interaksi sosial Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan penelitian keperpustakaan. Objek dari penelitian ini ialah Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aceh kaya dengan keberagaman dialek bahasa Aceh. Adapun beberapa perbedaan dan penyebutan yang berbeda dari dialek bahasa Aceh seperti kata benda, kata kerja dan kata bantu. Pandangan mahasiswa dengan adanya perbedaan dialek menjadikan mahasiswa saling menerima setiap perbedaan dan tidak saling merendahkan antar suku, sehingga terciptanya suasana damai dalam lingkungan mahasiswa UIN Ar-Raniry. Pengaruh dialek terhadap interaksi sosial mahasiswa UIN yaitu sebagai sarana untuk mengakrabkan diri sesama suku yang berbeda di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr.Aslam Nur, MA 2. Arfah Ibrahim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Keberagaman, Dialek, Interaksi Sosial Dan Budaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Misfardi Misfardi
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:28
Last Modified: 31 Aug 2020 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item
TOP