Analisis Instrumen Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Fisika Di Madrasah Aliyah Aceh Tengah

Afriana Mahbengi, 150204048 (2020) Analisis Instrumen Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Fisika Di Madrasah Aliyah Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kualitas Instrumen Tes Buatan Guru]
Preview
Text (Analisis Kualitas Instrumen Tes Buatan Guru)
Afriana Mahbengi,150204048, FTK,PFS,081253398872.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebuah tes yang berkualitas baik yang digunakan sebagai alat ukur evalusi harus memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Soal yang dibuat oleh guru kurang memperhatikan kualitas dari soal tersebut sehingga tidak dapat menunjukkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal buatan guru Fisika di MAN Aceh Tengah. Subjek penelitian ini adalah guru Fisika yang berada di MAN 2 Takengon dan MAS Darul Mukhlisin dan objek penelitian ini adalah soal buatan guru fisika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yang digunakan untuk mendapatkan data berupa lembar soal, kunci jawaban dan lembar jawaban siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif dengan menggunakan bantuan softwere ANATES. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) Tingkat validitas soal ujian tengah semester genap kelas X di MAN 2 Takengon tinggi dan MAS Darul Mukhlisin memiliki nilai validitas sangat rendah; (b) Tingkat reliabilitas di MAN 2 Takengon memiliki nilai reliabel yang tinggi dan MAS Darul Mukhlisin tidak reliabel; (c) Tingkat kesukaran di MAN 2 Takengon sedang dan MAS Darul Mukhlisin memiliki tingkat kesukaran yang sedang: (d) Tingkat daya pembeda di MAN 2 Takengon baik dan daya pembeda soal di MAS Darul Mukhlisin cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra.Nurulwati, M.Pd. 2. Arusman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Program Anates, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Afriana Mahbengi
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:27
Last Modified: 31 Aug 2020 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13293

Actions (login required)

View Item
View Item