Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Sekolah Menengah Atas

Husnanizar, 150204057 (2020) Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Sekolah Menengah Atas. KKU thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Sekolah Menengah Atas)
Husna Nizar, 150204057, FTK, PFS, 082361875729.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam melaksanakan praktikum, guru belum menggunakan Modul Praktikum. Namun guru menggunakan LKPD dalam melaksanakan kegiatan praktikum. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan Modul Praktikum yang dapat menunjang pelaksanaan praktikum disekolah dan dirancang agar peserta didik dapat melaksanakan praktikum secara mandiri, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan Modul Praktikum berbasis Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan Modul Praktikum berbasis Inkuiri Terbimbing (2) respon mahasiswa terhadap Modul Praktikum berbasis Inkuiri Terbimbing yang dikembangkan. Jenis penelitiam ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini adalah lembar validasi, dan angket mahasiswa. Hasil penelitian manunjukkan bahwa: (1) Kelayakan Modul Praktikum berbasis Inkuiri Terbimbing yang dinilai oleh ahli materi berada pada kategori sangat layak (82,5%), ahli subtansi media juga berada pada kategori sangat layak (100%), ahli subtansi bahasa pada kategori sangat layak (87%), (2) respon mahasiswa terhadap Modul Praktikum berbasis Inkuiri Terbimbing memperoleh persentase rata-rata sebesar (82,5%) termasuk dalam kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul Praktikum berbasis Inkuiri Terbimbing yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan belajar dalam melaksanakan kegiatan praktikum disekolah.

Item Type: Thesis (KKU)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Husnanizar Husnanizar
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:29
Last Modified: 31 Aug 2020 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13296

Actions (login required)

View Item View Item
TOP