Kreativitas Kepala Madrasah dalam Pemasaran Pendidikan di MIN 1 Bener Meriah

Tiarani Mirela, 160206084 (2020) Kreativitas Kepala Madrasah dalam Pemasaran Pendidikan di MIN 1 Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kreativitas Kepala Madrasah dalam Pemasaran Pendidikan di  MIN   1 Bener Meriah]
Preview
Text (Kreativitas Kepala Madrasah dalam Pemasaran Pendidikan di MIN 1 Bener Meriah)
Tiarani Mirela, 160206084, FTK, MPI, 082295854661.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Persaingan dunia pendidikan tidak bisa dihindari hingga membuat setiap lembaga pendidikan harus memasarkan pendidikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen, seperti halnya MIN 1 Bener Meriah yang tidak memiliki ruang kelas yang sebanding dengan jumlah murid namun pendaftaran murid baru selalu melebihi kapasitas. Tujuan kajian ini untuk menguraikan bentuk kreativitas kepala madrasah, dan langkah langkah strategis pemasaran pendidikan di MIN 1 Bener Meriah. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala madrasah, dua (2) guru, serta enam (6) siswa. Analisis data menggunakan teori triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga (3) bentuk kreativitas dalam memasarkan pendidikan di MIN 1 Bener Meriah yaitu kombinasi, kepala madrasah masih melanjutkan beberapa ide dari kepala madrasah yang terdahulu kemudian ditambah dengan ide-idenya saat ini. eksplorasi beliau menyalurkan ide-idenya untuk kemajuan sekolah. Dan transformasional ide-ide baru yang cetuskan oleh kepala madrasah tak berkisar sepintas ide saja namun diwujudkan dalam bentuk nyata. Sedangkan langkah strategi pemasaran pendidikan di MIN 1 Bener Meriah menggunakan 4 langkah strategi yaitu: Identifikasi pasar, kepala madrasah melihat kondisi pasar dan menyesuaikan keinginan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan konsumen. Segmentasi pasar dan positioning, yaitu kepala madrasah melakukan pengelompokan pembeli dengan beberapa kreteria. Diferensiasi produk, dilihat dari kualitas output. Pelayanan Sekolah, stategi yang mempengaruhi persepsi kualitas orang tua murid terhadap sekolah. Berdasarkan hal tersebut jika kreativitas kepala madrasah dilakukan dengan baik maka pemasaran pendidikan di MIN 1 Bener Meriah akan berjalan dengan baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Syabudin Gade, M.Ag Pembimbing II : Lailatussaadah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, bentuk-bentuk kreativitas, Kepala Madrasah, Pemasaran Pendidikan, langkah strategis pemasaran pendidikan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tiarani Mirela
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:36
Last Modified: 01 Sep 2020 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13299

Actions (login required)

View Item
View Item