Prosedur Pemberian Pembiayaan Bai'bitsaman Ajil pada Baitul Qiradh Baiturrahman Baznas Madani Cabang Ulee Kareng

Nurmukmena, 041300821 (2016) Prosedur Pemberian Pembiayaan Bai'bitsaman Ajil pada Baitul Qiradh Baiturrahman Baznas Madani Cabang Ulee Kareng. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Kegiatan usaha pada BQ Baiturrahman Baznas Madani adalah menghimpun dan menyalurkan dana, salah satu produk penyaluran dana adalah pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil.)
Full LKP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Baitul Qiradh Baiturrahman Baznas Madani Cabang Ulee Kareng diresmikan pada tanggal 2 Juli 2006, yang beralamat di Jln. T. Iskandar Ulee Kareng Banda Aceh. Kegiatan usaha pada BQ Baiturrahman Baznas Madani adalah menghimpun dan menyalurkan dana, salah satu produk penyaluran dana adalah pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil. Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil merupakan salah satu produk pembiayaan yang paling banyak nasabahnya jika dibandingkan dengan pembiayaan lainnya, hal ini dikarenakan pihak BQ Baiturrahman memang menganjurkan produk pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil kepada setiap nasabah pembiayaan. Nasabah pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil pada BQ Baiturrahman berjumlah 235 orang dengan jumlah pembiayaan sebesar Rp. 4.552.129.800.00,-. Nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil pada BQ Baiturrahman tentunya harus melengkapi berkas-berkas dan syarat-syarat serta mengikuti prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak Baitul Qiradh Baiturrahman Baznas Madani. Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk mengetehui mekanisme pemberian pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil pada Baitul Qiradh Baiturrahman Baznas Madani Cabang Ulee Kareng. Adapun mekanisme pemberian pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil yang diterapkan pada BQ Baiturrahman adalah bagi nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan harus melengkapi syarat-syarat nya terlebih dahulu baru setelah itu tim marketing dari BQ Baiturrahman akan melakukan survey ketempat usaha maupun ketempat tinggal calon nasabah pembiayaan, anggunan nasabah tersebut akan di buat bussines plan untuk dirapatkan dalam rapat komite setelah itu barulah ditentukan layak tidaknya nasabah mendapatkan pembiayaan. Namun, diharapkan kepada pihak BQ Baiturrahman agar lebih teliti lagi dalam memberikan pembiayaan untuk meminimalisir resiko pembiayaan macet.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Adnan,SE.,M.Si, NIP. 197204281999031005 2. Muhammad Arifin, S.HI.,M.Ag, NIP. 197410152006041002
Uncontrolled Keywords: Pemberian, Pembiayaan, Bai;bitsaman Ajil, Baitul Qiradh, Basnas
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2017 09:29
Last Modified: 21 Jul 2017 09:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item
TOP