Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Trapesium dan Belahketupat melalui Pembelajaran Daring selama Kondisi COVID-19.

Nurhalimah MY, 160205018 (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Trapesium dan Belahketupat melalui Pembelajaran Daring selama Kondisi COVID-19. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Trapesium dan Belahketupat melalui Pembelajaran Daring selama Kondisi COVID-19.]
Preview
Text (Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Trapesium dan Belahketupat melalui Pembelajaran Daring selama Kondisi COVID-19.)
Nurhalimah MY, 160205018, FTK, PMA, 081269780902.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis ialah salah satu tujuan pembelajaran matematika sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016. Namun, umumnya guru jarang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dengan membiasakan siswa menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah luas dan keliling trapesium dan belahketupat melalui pembelajaran daring selama kondisi COVID-19 dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsS Darul Aitami Aceh Selatan kelas VII-1 semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah 2 siswa yang dipilih berdasarkan kesediaan dalam mengikuti pembelajaran daring dari awal sampai akhir penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Selanjutnya analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diterapkan melalui pembelajaran daring melalui Whatsapp Group dan G-meet dengan metode penugasan dan tatap muka langsung secara online adalah sangat baik dengan rincian setiap tahapan pemecahan masalah sebagai berikut: 1) memahami masalah, subjek dapat menjelaskan soal menggunakan bahasa sendiri, menganalisa soal dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, dan memberikan ilustrasi dari gambar, 2) merencanakan pemecahan masalah, subjek dapat menentukan syarat lain dari soal, memilih rumus dan menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah, 3) melaksanakan pemecahan masalah, subjek menyelesaikan masalah menggunakan rumus yang dipilih dan sesuai dengan langkah-langkahnya, dan 4) memeriksa kembali, subjek melakukan pengecekan jawaban dengan metode lain dan membandingkan hasilnya dengan jawaban subjek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Anwar, M.Pd. Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhalimah MY
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:13
Last Modified: 01 Sep 2020 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item
View Item