Pemahaman Mahasiswa Ilmu Al-Quran Dan Tafsir Terhadap Nasikh Mansukh Dalam Matakuliah Ulumul Quran Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry

Mohamad Kholilur Rachma, 341203250 (2020) Pemahaman Mahasiswa Ilmu Al-Quran Dan Tafsir Terhadap Nasikh Mansukh Dalam Matakuliah Ulumul Quran Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UPT Perpustakaan.

[img]
Preview
Text (Pemahaman Mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir Terhadap Nasikh dan Mansukh dalam Matakuliah Ulumul Qur'an Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry)
Mohamad Kholilur Rachman, 341203250, FUF, IAT, 085904444114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara memahami nasikh dan mansukh, seberapa tinggi pemahaman mahasiswa serta kendala yang dihadapi dalam memahami nasikh dan mansukh. Memberikan kontribusi kepada pihak yang terkait kedalam padanannya, yaitu Prodi dan mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir untuk melihat bagaimana hasil penelitian kendala dan solusi untuk memahaminya. sistem kajian pustaka yang dimana dalam hal ini menggunakan buku rujukan yang terkait pada nasikh dan mansukh dengna meruju kepada sumber buku atau kitab ulumul quran. Adapun untuk metode penelitiannya mengambil dari buku atau pdf yang berkaitan tentang tatacara mengolah data spss. Selain itu ada beberapa sumber dari intrnet yang peneliti ambil untuk dijadikan sumber tambahan serta beberapa skripsi yang terkait masalah penelitian kuantitatif yang menggunakan SPSS. Proses dan cara memahami nasikh dan mansukh dilakukan dengan beberapa cara yakni menyelesaikan tingkatan matakuliah ulumul quran dari tingkat 1 sampai dengan 4, mengkaji serta berdiskusi. Hasil dari uji hipotesis menun jukkan bahwa mean/nilai rata-rata 53,58% dan standard deviation/nilai statistik 14,23% dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan SPSS. Maka dapat disimpulkan dari hasil penelitian tentang pemahaman mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir terhadap nasikh mansukh dalam matakuliah ulumul quran yang terdiri dari 60 responden dari tingkatan smester 5 dan 7 termasuk kedalam katagori memahami.Meski terdapat 53,58% mahasiswa yang memahami, terdapat 46,42% yang masih belum sepenuhnya memahami nasikh dan mansukh dalam matakuliah ulumul quran. Maka dari itu penulis/peneliti melakukan wawancara langsung terhadap mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dengan menganalisa kendala-kendala yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Nasikh, Mansukh
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
Depositing User: Mohamad Kholilur Rachman
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:30
Last Modified: 01 Sep 2020 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item
TOP