Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di SMP Negeri 1 Jaya

Maimun Sari, 160204077 (2020) Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di SMP Negeri 1 Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap     Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di SMP Negeri 1 Jaya]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di SMP Negeri 1 Jaya)
Maimun Sari, 160204077, FTK, PFS, 081214760211.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang tidak bervariasi membuat siswa kurang semangat dan cenderung pasif dalam menyampaikan ide-ide sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman konsep siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap peningkatan pemahaman konsep, keaktifan belajar dan respon siswa pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Jaya Tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal, lembar observasi dan angket. Tehnik analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,60 > 2,000 untuk taraf signifikan 5% atau α = 0,05 sehingga Ha diterima. Pada keaktifan belajar siswa tergolong Sangat Aktif dengan nilai presentase 83,33%, sedangkan respon siswa terhadap pendekatan CTL menunjukkan presentase 71,93% dengan kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pendekatan kontekstual pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi terhadap peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa di SMP Negeri 1 Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mursal, M.Si Pembimbing II : Fera Annisa, M. Sc
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Maimun Sari
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:39
Last Modified: 01 Sep 2020 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13312

Actions (login required)

View Item
View Item