Pengelolaan kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah

Mukhairir Fikri Ihsan, 160206010 (2020) Pengelolaan kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan kegiatan Ekstrakurikuler dalam  Pengembangan Kompetensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah]
Preview
Text (Pengelolaan kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah)
Mukhairir Fikri, 160206010, FTK, MPI, 082274498123.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan kompetensi peserta didik sangat penting dilakukan, agar terarahnya tujuan yang diinginkan sehingga dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan kendala pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan kompetensi peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina, guru ekstrakurikuler bidang seni, dan satu orang peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan ektrakurikuler dalam pengembangan kompetensi peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil, meliputi menentukan program kegiatan ekstrakurikuler bidang seni yang sesuai dengan Madrasah, kemudian memilih peserta didik yang memiliki potensi dibidang seni tersebut dari hasil seleksi yang dilakukan, selanjutnya mengatur jadwal latihan. Penyusunan tentang jadwal latihan kegiatan ekstrakurikuler untuk peserta didik, yang meliputi menyusun waktunya latihan. penyusunan tata tertib dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berupa membuat membuat daftar kehadiran peserta didik dalam latihan kegiatan kestrakurikuler bidang seni. Bagi yang jarang hadir/tidak serius dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bidang seni maka namanya akan dicoret.(2) Pelaksanaan dari segi sarana dan prasarana kegiatan esktrakurikuler. Jenis-jenis sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler dibidang seni berupa rebana, gitar, drum band, pengeras suara, suling, biola, dan kerincing. Surat permohonan izin kegiatan ekstrakurikuler, surat izinya diberikan oleh kepala sekolah. Metode dan media kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan masing-masing bidang seni ekstrakurikuler. (3) Kendala pelaksanaannya yaitu sarana dan prasarananya yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Muhammad Faisal, S.Ag,. M.Ag Pembimbing 2 : Dr. Sri Rahmi, M.A
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mukhairir Fikri
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:59
Last Modified: 01 Sep 2020 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item
View Item