Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Materi Ekosistem Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 3 Aceh Besar

Ratna Mela, 140207129 (2020) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Materi Ekosistem Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Materi Ekosistem Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii  Mtsn 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Materi Ekosistem Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mtsn 3 Aceh Besar)
Ratna Mela, 140207129, FTK, PBL, 082266336430.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Besar terutama dalam pembelajaran biologi, disebabkan beberapa faktor, diantaranya dipengaruhi oleh kurangnya variasi dalam proses pembelajaran, salah satu solusi terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar tersebut dengan pemanfaatan lingkungan sekolah yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII_b dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Besar, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis aktivitas belajar menggunakan rumus persentase sedangkan hasil belajar siswa menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah pada materi ekosistem terdapat perbedaan, dengan pembelajaran yang dilakukan tanpa menggunakan pemaanfaatan lingkungan sekolah. Nilai rata-rata pada pertemuan pertama pada kelas kontrol 64,5%, pertemuan kedua 64,5% dan pertemuan ketiga 66,6%. Sedangkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pertemuan pertama 84,2%, pertemuan kedua 85,1% dan pertemuan ketiga 92,2%. Hasil belajar siswa mengalami piningkatan(N-Gain) pada kelas kontrol 0,25 kategori rendah dan (N-Gain) kelas eksperimen 0,62 kategori sedang. Hasil analisis Uji-t yaitut_(hitung )lebih besar dari pada t_tabel (2,83 ≥ 1,67) sehinggaH_a diterima dan H_0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa, pemanfaatan lingkungan sekolah terdapat perbedaan pada aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas VII_bMTsN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ratna Mela
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:43
Last Modified: 01 Sep 2020 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item
View Item