Pengaruh Ketersedian Bengkel Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Nadia Ulfa, 160211011 (2020) Pengaruh Ketersedian Bengkel Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Ketersediaan Bengkel Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Penbelajaran Dasar Listrik dan Elektronika)
Nadia Ulfa, 160211011, FTK, PTE, 085358814684.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketersedian bengkel merupakan hal terpenting yang harus ada pada sekolah menengah kejuruan siswa dapat praktik secara langsung, dengan demikian akan terdapat minat belajar siswa dengan adanya kelengkapan yang memadai. Bengkel merupakan tempat belajar praktikum dalam percobaan nyata yang dilakukan secara langsung yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan minat belajar adalah kecenderungan sikap peserta didik adanya perasaan senang terhadap sesuatu, dengan adanya minat peserta didik dapat berkeinginan memperoleh sesuatu itu dengan usahanya agar keinginannya dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersedian bengkel dan minat belajar pada SMKS Muhammadiyah dan SMKN 2 Banda Aceh pada pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara guru mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Setelah peneliti melakukan wawacaran didapat hasil yaitu ketersedian bengkel pada pembelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKS Muhammadiyah dan SMKN 2 Banda Aceh sama-sama memadai sesuai kapasitas masing-masing. Ketersedian bengkel pada pembelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKS Muhammadiyah dan SMKN 2 Banda Aceh berpengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik, kemudian Minat belajar SMKN 2 cenderung lebih tinggi dikarenakan banyaknya terdapat indikator minat belajar dalam hasil wawancara dengan guru SMKN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, S.Ag., M.Pd 2. Mursyidin, M.T
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan Bengkel, Minat Belajar
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Depositing User: Nadia Ulfa
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:03
Last Modified: 01 Sep 2020 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item
TOP