Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP Negeri 1 Lhoknga Kabupaten Aceh Besar

Irda Lovita, 150207009 (2020) Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP Negeri 1 Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP Negeri 1 Lhoknga Kabupaten Aceh Besar)
Irda Lovita, 150207009, FTK, PBL, 082272751085.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Lhoknga Kabupaten Aceh Besar masih menggunakan metode text book oriented, sehingga aktivitas belajar siswa yang diperoleh belum maksimal dan nilai yang diperoleh siswa tidak sepenuhnya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengemukakan ide-idenya. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan pengaruh penerapan metode Outdoor study pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan true eksperiment posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Sampel dipilih secara random sampling yaitu kelas VII5 dan kelas VII¬2. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal post test. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh skor aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen tergolong sangat aktif, sedangkan kelas kontrol tergolong aktif. Hasil analisis data, diperoleh t¬hitung = 2,17 dan ttabel = 1,67 sehingga t¬hitung ≥ ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dengan penerapan metode Outdoor study pada materi interaksi makhluk hidup dengan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Irda Lovita
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:26
Last Modified: 01 Sep 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13347

Actions (login required)

View Item View Item
TOP