Perancangan Bahan Ajar Dasar Listrik Dan Elektronika Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Rangkaian Kemagnetan

Cut Shelly, 160211043 (2020) Perancangan Bahan Ajar Dasar Listrik Dan Elektronika Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Rangkaian Kemagnetan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Bahan Ajar Dasar Listrik Dan Elektronika       Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Rangkaian Kemagnetan]
Preview
Text (Perancangan Bahan Ajar Dasar Listrik Dan Elektronika Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Rangkaian Kemagnetan)
Cut Shelly, 160211043, FTK, PTE, 085361715341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perancangan bahan ajar dirancang sesuai kebutuhan guru dan peserta didik pada proses pembelajaran yang dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Bahan ajar merupakan pedoman bagi guru dan peserta didik, dengan adanya bahan ajar guru lebih berperan sebagai fasilisator sedangkan peserta didik yang lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan ini adalah untuk merancang bahan ajar berbasis Islami untuk meningkatkan mutu peserta didik dan mempermudah guru saat proses pembelajaran. Pada penelitian ini mengunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research And Development (R&D) ialah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Produk dalam penelitian ini berupa bahan ajar dasar listrik dan elektronika pada materi rangkaian kemagnetan. Bahan ajar rangkaian kemagnetan ditentukan oleh hasil validasi ahli bahasa, ahli materi, ahli integrasi keislaman, dan ahli media. Sedangkah uji coba produk dilakukan pada guru SMK bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Hasil validasi dilihat berdasarkan total skor dan presentase kevalidan modul untuk ahli bahasa total skor 35 (87,5%), untuk ahli materi total skor 34 (85% ), untuk ahli integrasi keislaman total skor 37 (92,5%), untuk ahli media total skor 37 (92,5%). Berdasarkan validasi para ahli dengan rata-rata 89,38 % dinyatakan bahan ajar ini valid digunakan. Hasil uji coba produk pada guru SMK bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) total skor 36 (90%). Berdasarkan hasil uji coba produk pada guru SMK bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) bahan ajar ini sangat valid digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hari Anna Lastya, M.T 2. Fitriadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Nilai Islami, Rangkaian Kemagnetan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Cut Shelly
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:02
Last Modified: 01 Sep 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

View Item
View Item