Potret Keluarga Korban Konflik Dan Pemberdayaan Sosial di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya

Putriana, 150305062 (2020) Potret Keluarga Korban Konflik Dan Pemberdayaan Sosial di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Potret Keluarga Korban Konflik Dan Pemberdayaan Sosial di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya)
Putriana, 150305062, ,FUF, SA, 082365136139.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aceh provinsi di Indonesia yang salah satunya mengalami konflik adalah konflik antara pemerintah dengan Gerakan Aceh Merdeka(GAM) pada tahun 1976-2005. Kecamatan Panga merupakan salah satu kecamatan yang mengalami konflik tersebut. Pada masa terjadinya kasus ini berbagai bentuk kekerasan terjadi, seperti pembakaran rumah-rumah penduduk, penangkapan, penahan dan pembunuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana potret keluarga korban konflik, program-program pemberdayaan pemerintah dan dampak pemberdayaan di Kecamatan Panga. Dalam penelitian ini peneliti mengambil teori pemberdayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat korban konflik mengalami berbagai kekerasan pada masa terjadinya konflik seperti pembakaran rumah, penyiksaan, dan pembunuhan tetapi pasca konflik pemerintah membuat beberapa program bagi keluarga korban konfli, seperti program UEP( Usaha Ekonomi Produktif), program mendirikan rumah yang dibakar pada masa konflik yaitu palawija, kelontong, peralatan kue dan mesin jahit. Dengan adanya pemberdayaan dari pemerintah masyarakat hidup lebih tenang, nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Arfiansyah, S.Fil.,MA Pembimbing II : Fatimahsyam, SE, M.Si
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.6 Konflik dan pemecahan konflik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Putriana Putriana
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:20
Last Modified: 01 Sep 2020 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item
TOP