Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Teluk Dalam

Adriansyah, 150208029 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Teluk Dalam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Teluk Dalam)
Adriansyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teluk Dalam tentang penerapan model PBL terhadap hasil belajar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dilatarbelakangi oleh kurang memahami konsep yang diajarkan dan kurang aktif berdiskusi dalam kelompok. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang penerapan PBL pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Rumusan dan tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) respon siswa, dan (4) peningkatan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain PTK. Sampel penelitian adalah siswa X IPA berjumlah 20 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar aktivitas, angket dan pemberian tes berbentuk multiple choice. Data observasi dianalisis dengan teknik persentase, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas guru adalah 89,17% pada siklus I, 95% pada siklus II maka termasuk kategori baik sekali. Aktivitas siswa tergolong aktif, karena persentase nilai setiap aktivitas baik sekali. Pada siklus I diperoleh 87,5% dan pada siklus II diperoleh 94,16%. Persentase respon siswa dengan kriteria jawaban baik sekali. Hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 35,5 pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5. Hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar dan ketuntasan klasikal. Ketuntasan klasikal siklus I adalah 15%, dan siklus II 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hilmi, M.Ed Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Adriansyah Adriansyah
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:36
Last Modified: 02 Sep 2020 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item
TOP