Analisis Tingkat Keberhasilan Metode Edutainment Pada Beberapa SMK Di Indonesia

Chaca Pradipta Sindyanata, 160211027 (2020) Analisis Tingkat Keberhasilan Metode Edutainment Pada Beberapa SMK Di Indonesia. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Tingkat Keberhasilan Metode Edutainment Pada   Beberapa SMK Di Indonesia]
Preview
Text (Analisis Tingkat Keberhasilan Metode Edutainment Pada Beberapa SMK Di Indonesia)
Chaca Pradipta Sindyanata, 160211027, FTK, PTE, 085207869590.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah dalam pembelajaran di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia. Salah satu penyebab masalah ini adalah pemilihan metode pembelajaran yang cenderung menggunakan metode lama yang membuat peserta didik menjadi bosan dan kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase peningkatan hasil belajar melalui metode edutainment pada beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menganalisis beberapa jurnal ilmiah terkait dengan metode edutainment pada beberapa SMK di Indonesia. Analisis dijalankan dengan melihat dan mengevaluasi persentase peningkatan hasil belajar pada sekolah yang dibahas dalam jurnal ilmiah tersebut. Sampel dalam penelitian ini melibatkan empat jurnal yang terbit dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran edutainment mampu meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hadi Kurniawan, S.Si., M.Si 2. Mursyidin, M.T
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Edutainment, Analisis Jurnal
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Depositing User: Chaca Pradipta Sindyanata
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:13
Last Modified: 02 Sep 2020 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item
View Item