Pengaruh Bimbingan Pribadi Sosial terhadap Kedisplinan Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam

Nadila Safitri, 150213049 (2020) Pengaruh Bimbingan Pribadi Sosial terhadap Kedisplinan Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Bimbingan Pribadi Sosial terhadap Kedisplinan Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam)
Nadila Safitri, 150213049, FTK, BK, 081263863393, OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bimbingan pribadi sosial diarahkan untuk memantapkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan individu dalam menangani masalah-masalah dirinya terutama dalam kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa merupakan suatu kondisi dimana sesorang mamatuhi dan melaksanakan ketentuan, tata tertib, peraturan, nilai serta kaidah-kaidah yang berlaku dengan kesadaran diri tanpa ada paksaan. Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar banyak siswa yang menunjukkan pelanggaran kedisiplinan seperti terlambat datang kesekolah, memakai seragam dan sepatu yang tidak sesuai aturan, tidak menggunakan atribut sekolah dengan lengkap, keluar masuk kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, kurang menghormati guru, acuh tak acuh, membolos dan merokok. Pertanyaan penelitian ini bagaimana kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar? Apakah adanya pengaruh bimbingan pribadi social terhadap kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar dan pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA di Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian Mixmethods dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis dengan uji regresi menggunakan SPSS 20 sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis dengan stategi ekslanatoris sekuensial. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar masih perlu dibina dengan pemberian bimbingan pribadi sosial karena siswa masih sering melakukan pelanggran kedisiplinan. Terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara pemberian bimbingan pribadi sosial terhadap kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Hal ini berdasarkan R Square yang besarnya = 0,416 atau 0,416 x 100% = 41,6% menunjukkan derajat interpretasi sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nadila Safitri
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:26
Last Modified: 03 Sep 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item
TOP