Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak di MAN 1 Pidie

Afrida Nurizki, 150204081 (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak di MAN 1 Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak di MAN 1 Pidie)
Afrida Nurizki, 150204081, FTK, PFS, 085260787526.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika dengan tingkat kognitif yang tinggi. Ketika proses belajar mengajar berlangsung masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam berdiskusi. Pada proses diskusi tersebut, peserta didik tidak terarah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, sehingga peserta didik tidak banyak menemukan dan memperoleh pengetahuan baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi Hukum Newton tentang Gerak di MAN 1 Pidie. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal test dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami soal yang berkaitan dengan Hukum Newton tentang Gerak. Namun sebagian peserta didik sudah mampu dalam menjawab soal-soal yang diberikan, ditemukan bahwa peserta didik hanya mampu menyelesaikan perhitungan fisika tetapi tidak mampu memaknai jawaban. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah, dari kelima indikator kemampuan berpikir kritis tersebut yang paling rendah adalah indikator menarik kesimpulan dan yang paling tinggi adalah indikator memberikan penjelasan lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fitriyawany, M.Pd Pembimbing II : Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Hukum Newton Tentang Gerak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Afrida Nurizki
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:30
Last Modified: 02 Sep 2020 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item View Item
TOP