Komparasi Tata Kelola Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Radhiyatussuraya, 160802073 (2020) Komparasi Tata Kelola Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Komparasi Tata Kelola Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Radhiyatussuraya, 160802073, FISIP, IAN, 082163057729.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran untuk membentuk generasi menjadi lebih handal dan berkompeten. Faktor penunjang pendidikan salah satunya adalah sarana dan prasarana. Sarana pendidikan yang sangat penting baik bagi pelajar/mahasiswa maupun tenaga pendidiknya yaitu perpustakaan. Sebagai lembaga publik, perpustakaan harus memberikan pelayanan sesuai yang termaktub dalam peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang No. 43 Tahun 2007.Perpustakaan memiliki peran penting sebagai sumber ilmu pengetahuan. Terdapat beberapa jenis layanan di perpustakaan, antara lain : (1)Layanan orientasi, memberikan informasi tentang koleksi perpustakaan. (2) Layanan sirkulasi, melayani peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. (3) Layanan referensi yaitu layanan dalam bentuk bahan rujukan. (4) Layanan deposit, yaitu koleksi terbitan karya. Tata kelola ialah proses dalam suatu organasasi dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pelayanan publik di Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Perpustakaan Unsyiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kualitatif pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua perpustakaan sudahberkompeten dalam menjalankan tata kelola dilembaga publik tersebut. Ada faktor pendukung yang membantu terciptanya tata kelola yang memuaskan. Dibalik itu terdapat juga beberapa hambatan dalam pelaksaannya. Kekeliruan kecil yang terjadi pada masing-masing lembaga merupakan proses perbaikan yang selalu diusahakan pengembangannya seiring berjalan waktu.Penulis menyimpulkan bahwa tata kelola yang diterapkan pada perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Unsyiah sudah mulai mengarah pada ketercapaian sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007. Namun demikian masih diperlukan adanya upaya dari pihak internal maupun eksternal perpustakaan supaya pelaksaan tata kelola kedepannya benar-benar mencapai standarisasi undang-undang tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Perpustakaan, Tata Kelola.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Radhiyatussuraya Radhiyatussuraya
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:37
Last Modified: 02 Sep 2020 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item View Item
TOP