Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mindscaping pada Materi Momentum dan impuls

Ajunda, 150204051 (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mindscaping pada Materi Momentum dan impuls. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mindscaping pada Materi Momentum dan impuls”.)
Ajunda, 150204051, FTK, PFS, 085261493429 .pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Observasi dilakukan di MAN 4 Aceh Besar, dalam kegiatan pembelajaran guru hanya menggunakan media buku paket dan papan tulis dan tidak memanfaatkan LKPD sebagai bahan ajar Fisika. Guru menyampaikan materi menggunakan model ceramah. Sehingga kegiatan belajar peserta didik tidak aktif dan cenderung membosankan. Adapun tujuan dalam pengembangan adalah: (1) menganalisis kelayakan LKPD berbasis mindscaping pada materi momentum dan impuls, (2) mendeskripsikan respon guru fisika dan peserta didik terhadap LKPD berbasis mindscaping pada materi momentum dan impuls. Jenis pengembangan ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan modifikasi tanpa tahapan evaluasi. Langkah pengembangan tersebut yaitu identifikasi dan analisis masalah, perancangan, pengembangan dan Implementasi. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan validasi ahli media, angket respon guru fisika dan respon peserta didik. Adapun hasil pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan Pengembangan LKPD berbasis mindscaping yang dinilai oleh ahli materi pada kategori sangat layak (0,97) dan ahli materi berada dalam kategori sangat layak (0,93) dan (2) respon guru fisika terhadap LKPD berbasis mindscaping dalam kategori sangat layak (0,99) dan respon peserta didik dalam kategori sangat layak sangat layak (1,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis mindscaping dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abd Mujahid Hamdan, M. Sc Pembimbing II : Muhammad Nasir, M.Si
Uncontrolled Keywords: LKPD, Mindscaping, ADDIE.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ajunda Ajunda
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:25
Last Modified: 02 Sep 2020 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item
TOP