Khatib A. Latief, 2011026501 (2020) Pedoman Sistem Pembelajaran Daring (SPRING) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Manual. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.
Pedoman Sistem Pembelajaran Daring - SPRING - UIN Ar-Raniry Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pedoman SPRING ini dimaksudkan sebagai panduan dasar dalam melakukan Pembelajaran Daring di UIN Ar-Raniry Banda Aceh baik saat kondisi pembelajaran normal maupun kondisi darurat seperti saat Covid-19 sekarang. Pembelajaran Daring di UIN Ar-Raniry Banda Aceh di dasarkan pada Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE.4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE.3 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Kementerian Agama mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring. Surat Edaran Menteri Agama ini diperkuat dengan Surat Edaran Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Nomor 4432/Un.08/R/SE/03/2020 tentang Mekanisme Pemberlakuan Bekerja Dari Rumah (Work From Home) Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Serta Kuliah Secara Online/Daring (Dalam Jaringan) di Lingkungan UIN Ar-Ranriy Banda Aceh dan Surat Edaran Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Nomor 4650/Un.08/R/SE/06/2020 tentang Sistem Kerja Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam Tatanan Normal Baru. Pembelajaran Daring, di samping Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran daring, merupakan rencana strategis UIN Ar-Raniry dalam penyesuaian kurikulum pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal teknologi informasi dan kemampuan berkomunikasi melalui Internet of Things (IoT). Hal ini meniscayakan para pendidik (dosen) untuk meningkatkan kompetensi dan mutu pembelajaran sehingga dapat memanfaatkan teknologi digital di dalam pembelajaran.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | eLearning, Pembelajaran Daring, Synchronous, Asynchronous, Google Classroom, Canvas, Virtual Kelas |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Khatib A. Latief |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 02:45 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 03:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13393 |