Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Unggul dan Non Unggul SMAN 1 Unggul Baitussalam

Ulfa Rahmi, 211222431 (2017) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Unggul dan Non Unggul SMAN 1 Unggul Baitussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Strategi Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Strategi Pembelajaran)
Ulfarahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap strategi pembelajaran PAI siswa kelas unggul, karena pembelajarannya dilakukan dengan belajar kelompok dan suasana belajar siswa aktif karena minat belajar siswa tinggi. Yang menjadi masalahnya strategi pembelajaran yang diterapkan di kelas unggul berbeda dengan kelas non unggul. Di kelas non unggul pembelajaran berpusat pada guru, menggunakan metode ceramah, minat belajar siswa rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan di SMAN 1 Unggul Baitussalam. Subyek dalam penelitian adalah 1 orang wakil bagian kurukulum, 2 guru bidang studi PAI dan siswa kelas X1 IPA Unggul dan X1 IPA 2. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan skala nilai. Hasil penelitian ditemuan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI siswa kelas unggul strategi pembelajaran interaktif dengan mengutamakan aktivitas saling berbagi informasi sesama siswa. Kelas non unggul strategi pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran yang menempatkan guru sebagai sumber belajar. Perbedaan tersebut digunakan berdasarkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran berasal dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, kelengkapan sarana pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini tidak membedakan faktor pendukung pembelajaran siswa kelas unggul dan non unggul. Kendala pembelajaran siswa kelas unggul mengenai kurangnya jam pembelajaran sehingga tidak sesuai dengan materi yang harus disampaikan. Sedangkan kendala pembelajaran siswa kelas non Unggul selain kendala yang sama dengan siswa kelas unggul juga kendala yang berasar dari kurang motivasi dari diri sendiri, orang tua dan pengaruh teman sebaya. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru bidang studi PAI agar dapat mempertahankan strategi pembelajaran yang sudah diterapkan di kelas unggul dan perlu diperbaiki pada Pembelajaran PAI siswa kelas non unggul untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas non unggul, agar strategi pembelajaran yang kreatif juga dapat diterapkan di kelas non unggul, sehingga lebih maksimal dalam proses pembelajaran PAI ke depannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Muzakir, S.Ag,M.Ag 2. Heliati Fajriah, MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfa rahmi
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:57
Last Modified: 25 Oct 2017 04:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item
View Item