Pengelolaan Program In Service Training Dalam Pengembangan Metode Jarimatika Pada Guru Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh

Muhammad Ernanda Taufiq, 160206017 (2020) Pengelolaan Program In Service Training Dalam Pengembangan Metode Jarimatika Pada Guru Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Program In Service Training Dalam Pengembangan Metode Jarimatika Pada Guru Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Program In Service Training Dalam Pengembangan Metode Jarimatika Pada Guru Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh)
Muhammad Ernanda Taufiq, 160206017, FTK, MPI, 085206744112.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan program in service training yang baik dan matang dalam pengembangan metode jarimatika pada guru sangat diperlukan, agar terarahnya tujuannya yang diinginkan sehingga dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuannya dari program in service training dalam pengembangan metode jarimatika pada guru yaitu agar seorang guru mampu memahami, menguasi dan terampil dalam penggunaan metode jarimatika (metode hafalan Al-Qur’an). Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan kendala pengelolaan program in service training dalam pengembangan metode jarimatika pada guru TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan program in service training dalam pengembangan metode jarimatika pada guru TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh meliputi: penyusunan kurikulum dan selabus pelatihan, penetapan kriteria dan persyaratan peserta pelatihan, penyelenggaraan kegiatan pelatihan, penyiapan materi pelatihan, penetapan metode pelatihan, penetapan instraktruktur/fasilitator pelatihan, penyusunan jadwal pelatihan, penetapan rencana evaluasi program pelatihan, penyiapan bahan, fasilitas, dan peralatan pelatihan, penyiapan sumber pendanaan pelatihan. 2) Pelaksanaannya meliputi: menentukan kebutuhan pelatihan, menyusun desain pelatihan, mengembangkan isi program, memilih media pelatihan dan prinsip belajar, pelaksanaan latihan, mengevaluasi pelatihan, dan transfer pelatihan. 3) Kendala pengelolaannya yang didapati dari segi perencanaannya yaitu pengaturan jadwal pelatihan, dari segi pelaksanannya yaitu pertama, terkadang guru-gurunya ketika sudah di berikan pelatihan dalam pengembangan metode jarimatika (metode hafalan Al-Qur’an) di hari itu besok-besoknya sudah lupa. kedua, di waktu. ketiga, di jaringan pada saat berlangsungnya pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muhammad Faisal, S.Ag., M.Ag 2. Dr. Sri Rahmi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Program In Service Training, Pengembangan Metode Jarimatika.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Ernanda Taufik
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:02
Last Modified: 08 Sep 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13400

Actions (login required)

View Item
View Item