Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Desmita Sri Ulandari, 160205047 (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Barisan dan  Deret Aritmatika]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika)
Desmita Sri Ulandari, 160205047, FTK, PMA, 081375404197.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Matematika berhubungan dengan konsep abstrak yang sering dikaitkan dengan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Dalam bidang matematika sangat dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kreatif matematis dapat melatih siswa dalam merancang berbagai macam solusi penyelesaian dalam menyelesaikan suatu masalah. Walaupun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangat penting, namun kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru kurang menggali kemampuan yang dimiliki siswa dan tidak memberikan keluasan siswa dalam mengungkapkan ide pikirannya sendiri. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dari kelompok atas, kelompok bawah, dan berdasarkan gender dalam menyelesaikan masalah pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini bersifat deskriptif-eksploratif dengan subjek penelitian adalah 4 siswa MAN 1 Banda Aceh yang dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu 2 siswa dari kelompok atas dan 2 siswa dari kelompok bawah. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah lembar jawaban hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang dipandu oleh pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan mengoreksi hasil tes tulis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif yang akan diukur dan melakukan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Subjek dari kelompok atas mampu mencapai kemampuan berpikir kreatif pada kategori sangat tinggi dan cukup. (2) Subjek dari kelompok bawah mampu mencapai kemampuan berpikir kreatif pada kategori sangat rendah dan tinggi. (3) Subjek laki-laki lebih unggul kemampuan berpikir kreatifnya dari kemampuan berpikir kreatif subjek perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Barisan Dan Deret Aritmatika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Desmita Sri Ulandari
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:38
Last Modified: 03 Sep 2020 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13401

Actions (login required)

View Item
View Item