Peran Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah

Eva Diana, 150213036 (2020) Peran Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of 150213036]
Preview
Text (150213036)
Eva Diana,150213036, FTK, BK, 082213174365.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial, dimana ia selalu membutuhkan orang lain untuk membantu dirinya dan diterima dilingkungannya. Hal ini dibuktikan dengan manusia selalu melakukan interaksi baik itu dengan teman, ataupun lingkungan lainnya. Dalam melakukan interaksi terhadap orang lain, dibutuhkan suatu keterampilan khusus yaitu kecerdasan interpersonal sehingga memiliki Kemampuan Komunikasi yang terciptanya suatu hubungan yang baik. kemampuan komunikasi sebagai kemampuan mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, serta perasaan orang lain, yang meliputi kepekaan pada ekspresi wajah, suara gerak isyarat, yang diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal seseorang. Tujuan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecerdasan siswa, bagaimana peran guru bimbingan konseling terhadap kecerdasan interpersonal siswa, dan faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini penelitian kualitatif, subjek penelitian 2 orang guru bimbingan konseling dan 2 orang Siswa kelas X. Penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dalam bentuk pertanyaan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa peran guru bimbingan konseling terhadap kecerdasan interpersonal siswa, dilihat dari keingintahuan siswa mengenai cara meningkatkan kecerdasan interpersonal dan siswa yang mulai memiliki banyak teman, meningkatkan kecerdasan interpersonal ini melalui kemampuan komunikasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan konseling meningkatkan kecerdasan interpersonal dapat dilakukan, dengan tujuan agar siswa bisa disebut berhasil sebagai makhluk sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Eva Diana
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:25
Last Modified: 03 Sep 2020 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item
View Item