Efektivitas Pemblokiran Situs Sosial Media Menggunakan Mikrotik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Jam Praktikum di Laboratorium TKJ SMKN 1 Banda Aceh

Dara Sakinah, 160212081 (2020) Efektivitas Pemblokiran Situs Sosial Media Menggunakan Mikrotik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Jam Praktikum di Laboratorium TKJ SMKN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pemblokiran Situs Sosial Media Menggunakan Mikrotik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Jam Praktikum di Laboratorium TKJ SMKN 1 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Pemblokiran Situs Sosial Media Menggunakan Mikrotik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Jam Praktikum di Laboratorium TKJ SMKN 1 Banda Aceh)
Dara Sakinah, 160212081, FTK, PTI, 085260063881.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektivitas dan hasil belajar siswa setelah pemblokiran situs sosial media menggunakan Mikrotik pada saat jam praktikum di Laboratorium TKJ SMKN 1 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif karena pada penelitian ini menganalisis efektivitas dan hasil belajar siswa pada materi teknologi layanan jaringan. Penelitian ini menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Desain, yaitu terdapat pretest dan posttest dalam satu kelompok. Hasil pengujian siswa dengan menggunakan soal pretest dan posttest menunjukkan bahwa hasil belajar posttest (setelah terblokir) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pretest (sebelum terblokir), hal ini dibuktikan dengan perbandingan nilai rata-rata. Yaitu nilai rata-rata pretest 74,79 dan nilai rata-rata posttest mencapai 90,73. Sedangkan hasil pengujian siswa dengan menggunakan angket yaitu hampir seluruh siswa merespon positif. Hal ini berdasarkan persentase positif sebanyak 89,6% sedangkan persentase respon negatif yaitu 10,4%. Oleh karena itu pemblokiran situs sosial media menggunakan mikrotik pada jam praktikum di Laboratorium TKJ SMKN 1 Banda Aceh sangat efektif dilakukan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teknologi layanan jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Dara Sakinah Dara
Date Deposited: 02 Sep 2020 08:31
Last Modified: 02 Sep 2020 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item
View Item