Al-La ʼAdalah ʼAla Al-Marʽati fi Riwayati “Al-Hub Fi Zamani An-Nafthi” li-Nawali As-Sa’dawi (Dirasah Tahliliyah Niswiyah)

Raudhatul Jannah, 160502029 (2020) Al-La ʼAdalah ʼAla Al-Marʽati fi Riwayati “Al-Hub Fi Zamani An-Nafthi” li-Nawali As-Sa’dawi (Dirasah Tahliliyah Niswiyah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Ketidakadilan]
Preview
Text (Membahas tentang Ketidakadilan)
Raudhatul Jannah, 160502029, FAH, BSA, 082360353417.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender yang terdapat dalam novel “Love in The Kingdom of Oil” karya Nawal el Saadawi yang ditinjau melalui pendekatan Feminisme. Sebagai seorang perempuan, Nawal el-Sa’dâwi memiliki sensitivitas tinggi dalam menggambarkan perasaan seorang perempuan yang mengalami ketidakadilan. Metode yang digunakan untuk mengungkap bentuk dan dampak ketidakadilan terhadap perempuan dalam novel ini adalah deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan kejadian-kejadian dalam novel “Love in The Kingdom of Oil” dari segi feminisme dan gender. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel “Love in The Kingdom of Oil” didapatkan: Pertama, sastra feminisme merupakan sebuah pendekatan yang bertujuan mengangkat isu-isu tentang masalah gender yang didominasi oleh laki-laki yang ditandai dengan ketidakadilan gender. Kedua, permasalahan gender yang terdapat dalam novel tersebut ialah subordinasi, stereotipe atau pelabelan negative, dan kekerasan terhadap perempuan yang berupa kekerasan fisik yang terjadi dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Nurdin AR, M. Hum 2. Chairunnisa Ahsana AS, MA. Hum
Uncontrolled Keywords: feminisme, ketidakadilan gender, subordinasi, stereotype, kekerasan
Subjects: 800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Raudhatul Jannah
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:58
Last Modified: 03 Sep 2020 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item
View Item