Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Di MAN 3 Aceh Besar

Zakia Hanum, 160204034 (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik)
Zakia Hanum, 160204034, FTK, PFS, 085358664231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memeriksa suatu kebenaran dari informasi yang diperoleh menggunakan ketersediaan bukti, logika, dan kesadaran. Indikator berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tiga indikator menurut krathwohl yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Hukum Newton. Hukum Newton adalah hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Metode yang digunakan dalam materi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Instrumen tes berupa soal essay dan Intrumen wawancara. Penelitian dilakukan secara langsung pada tanggal 21-24 Juli 2020 di rumah peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIA, sampel yang diambil yaitu 23 peserta didik kelas X MIA 3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIA 3 di MAN 3 Aceh Besar masih sangat rendah. Berdasarkan wawancara dengan peserta didik, rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan karena kurangnya pengalaman/latihan dalam menyelesaikan soal berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed. 2. Nurhayati, S.Si.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Hukum Newton, dan Metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zakia Hanum
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:34
Last Modified: 03 Sep 2020 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item
View Item