Analisis Penerapan Langkah Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Essay Fisika Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 1 Bakongan.

Wirdatul Almira, 160204079 (2020) Analisis Penerapan Langkah Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Essay Fisika Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 1 Bakongan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penerapan Langkah Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Essay Fisika Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 1 Bakongan.]
Preview
Text (Analisis Penerapan Langkah Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Essay Fisika Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 1 Bakongan.)
Analisis Penerapan Langkah Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Essay Fisika Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 1 Bakongan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, banyak kendala yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika. Diantaranya adalah peserta didik tidak memahami masalah dalam soal, selain itu peserta didik juga masih menghafal rumus-rumus tanpa memahami konsep-konsep fisika dan juga peserta didik tidak mampu menggunakan rumus-rumus fisika sesuai dengan soal yang benar. Oleh karena itu perlu adanya teori pemecahan masalah, yaitu dengan menerapkan langkahlangkah teori polya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam menerapkan Langkah Pemecahan Masalah Polya untuk Menyelesaikan Soal-Soal Essay Fisika pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 1 Bakongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik kelas VII SMPN I Bakongan. Instrumen yang digunakan berupa tes soal, kemudian data tersebut dianalisis melalui tahap dari teori polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan meninjau kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam fase memahami soal sebagian peserta didik dapat memahami soal dengan benar, dan sebagiannya lagi tidak. Pada fase merencanakan, seluruh peserta didik sudah dapat merencanakan pemecahan soal dengan baik. Pada fase menyelesaikan rencana dan meninjau kembali, beberapa peserta didik mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wirdatul Almira
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:52
Last Modified: 03 Sep 2020 04:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13464

Actions (login required)

View Item
View Item