Meta-Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya.

Meriska Afryani, 150204075 (2020) Meta-Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Meta-Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya.)
Meta-Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana peserta didik mengalami kesulitan tertentu dalam menjalani suatu proses pembelajaran. Adapun Tujuan penelitian adalah menganalisis penelitian-penelitian yang berkaitan kesulitan peserta didik dalam memecahkan soal-soal fisika berbentuk soal cerita menurut tahapan pemecahan teori polya, yaitu: langkah pemecahan soal, rencana penyelesaian, pelaksanaan rencana, dan peninjauan kembali. Rancangan penelitian ini adalah meta analisis terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dengan menggunakan 5 artikel penelitian sebelumya dan dianalisis kelima artikel tersebut. Hasil penelitian diperoleh (1) pada tahap pemahaman soal, peserta didik banyak yang dapat memahami soal yang diberikan, (2) pada tahap rencana penyelesaian, peserta didik yang mengalami kesulitan pada saat penyelesaian soal, (3) pada tahap pelaksanaan rencana, pada umumnya peserta didik pengalami kesulitan, (4) selanjutnya tahap peninjauan kembali, peserta didik umumnya mengalami kesulitan pada tahap pengecekan ulang soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang sering dihadapi peserta didik ketika menyelesaiakan soal-soal fisika adalah pada tahap pelaksanaan rencana dan peninjauan kembali. Sedangkan pada tahap pemahaman soal dan rencana penyelesaian peserta didik tidak terlalu mengalami kesulitan. Oleh karena itu diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat lebih memperhatikan tahapan teori polya dalam menyelesaikan soal-soal fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Meriska Afryani
Date Deposited: 03 Sep 2020 05:13
Last Modified: 03 Sep 2020 05:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item
TOP