Keanekaragaman Spesies Burung Di Kawasan Ekosistwm Louser Wilayah Menggamat Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi

Widiya Mariza, 150207128 (2020) Keanekaragaman Spesies Burung Di Kawasan Ekosistwm Louser Wilayah Menggamat Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Spesies Burung]
Preview
Text (Keanekaragaman Spesies Burung)
Widiya Mariza, 150207128, FTK, PBL, 082273577341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Menggamat adalah pusat kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan,memiliki wilayah hutan masih sangat tinggi karena perubahan biofisik lingkungan akibat adanya tambang emas, sehingga dapat menggangu ekosistem burung yang ada di kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui jenis-jenis burung yang terdapat di kawasan Ekosistem Louser Wilayah Menggamat Kabupaten Aceh Selatan, Untuk mengetahui indeks keanekaragaman jenis burung di kawasan Ekosistem Louser Wilayah Menggamat Kabupaten Aceh Selatan, Untuk mengetahui hasil uji kelayakan buku saku sebagai referensi mata kuliah ornitologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi antara titik IPA (Induces Ponctuel d’Abodance) dengan line transek.Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22-29 Bulan Januari 2020 di Kawasan ekosistem louser wilayah Menggamat Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30 jenis burung yang ditemukan yang terdiri dari 21 famili, 8 jenis diantaranya merupakan jenis burung yang dilindungi. keanekaragaman jenis burung di Kawasan Ekosistem Louser Wilayah Menggamat Kabupaten Aceh Selatan termasuk kategori keanekaragaman tinggi dengan nilai Ĥ=3,1187. Pemanfaatan hasil penelitian digunakan sebagai media pembelajaran berupa buku saku yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran Matakuliah Ornitologi dan membantu mereka dalam proses identifikasi jenis keanekaragaman burung saat turun lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Rizky Ahadi, S.Pd. M.Pd 2. Nurdin Amin, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Spesies
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Widiya Mariza
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:11
Last Modified: 03 Sep 2020 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13505

Actions (login required)

View Item
View Item