Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keingintahuan Siswa Non Muslim dalam Mempelajari Islam di SMA Negeri 1 Suro

Samah, 150201103 (2020) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keingintahuan Siswa Non Muslim dalam Mempelajari Islam di SMA Negeri 1 Suro. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pembelajaran PAI dan Keingintahuan Siswa Non Muslim)
Samah,150201103, FTK, PAI, 082274907163.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkat dari persoalan pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap keingintahuan siswa Non Muslim dalam mempelajari Islam di SMA Negeri 1 Suro. Di SMA Negeri 1 Suro setiap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung baik siswa Muslim maupun Non Muslim harus mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sama seperti mata pelajaran lain yang ada di SMA Negeri 1 Suro. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini, apa pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap keingintahuan siswa Non Muslim dalam mempelajari Islam di SMA Negeri 1 Suro, bagaimana tanggapan siswa Non Muslim di SMA Negeri 1 Suro tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap keingintahuan siswa Non Muslim dalam mempelajari Islam SMA Negeri 1 Suro, dan untuk mengetahui tanggapan siswa Non Muslim SMA Negeri 1 Suro terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan tentang apa pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap keingintahuan siswa Non Muslim dalam mempelajarai Islam di SMA Negeri 1 Suro, menyatakan bahwa ada pengaruh yang didapatkan siswa Non Muslim dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam seperti akhlak/tingkah laku mereka pada saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung, terbukti dengan mereka tidak menimbulkan permasalahn di kelas dan keingintahuan mereka terhadap Pendidikan Agama Islam. Kebanyakan dari siswa Non Muslim mengatakan bahwa dalam mempelajari Islam mereka lebih mengerti sebagian kecil tentang Agama Islam walaupun bukan agama mereka sendiri dan mereka mengatakan penasaran tentang ajaran Islam saat mempelajari Pendidikan Agama Islam dalam ruang kelas, kemudian tentang tanggapan siswa Non Muslim di SMA Negeri 1 Suro tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bahwa mereka menanggapi cukup baik, karena dimanapun mereka bersekolah ada diajarkan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan membuat kami siswa yang Non Muslim lebih tahu tentang ajaran-ajaran Islam yang diajarkan oleh guru Pendidikan Agama Islam walaupun pengetahuan kami tidak seperti siswa Muslim yang ada di sekolah SMA Negeri 1 Suro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muji Mulia, S.Ag, M.Ag 2. Saifullah Maysa, S.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: endidikan Agama Islam, Siswa Non Muslim, Islam, Suro
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Samah 150201103
Date Deposited: 03 Sep 2020 05:13
Last Modified: 03 Sep 2020 05:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13506

Actions (login required)

View Item View Item
TOP