Penggunaan Media Gambar dalam Peningkatan Minat Belajar Fiqih Siswa Kelas IV MIN Ulee Kareng

Juliana, 211120971 (2016) Penggunaan Media Gambar dalam Peningkatan Minat Belajar Fiqih Siswa Kelas IV MIN Ulee Kareng. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang penggunaan media gambar dalam peningkatan minat belajar fikih.]
Preview
Text (Membahas tentang penggunaan media gambar dalam peningkatan minat belajar fikih.)
Juliana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media gambar merupakan media yang hanya menghandalkan indra penglihatan. Dalam proses belajar mengajar media gambar dapat menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Untuk meningkatkan minat siswa dalam proses belajar maka dalam proses pembelajaran diperlukan penggunaan media. Namun, persoalannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan lemah serta kurangnya minat dalam mengatasi konsep dalam belajar Fikih. Adapun Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MIN Ulee Kareng, dan bagaimana aktivitas guru dalam penggunaan media gambar pada pembelajaran Fikih siswa kelas IV MIN Ulee Kareng dan bagaimana aktivitas siswa kelas IV MIN Ulee Kareng dalam pembelajaran Fikih dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan jenis penelitian PTK. PTK adalah penelitian tindakan (action Reaserch) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, angket, wawancara dan dokumentasi yaitu menyajikan teknik pengumpulan data yang sekiranya dapat mengantarkan data yang benar-benar valid dan mendukung demi tercapainya hasil yang maksimal.
Hasil penelitian menujukan bahwa strategi penerapan media gambar dalam peningkatan minat belajar siswa kelas IV MIN Ulee Kareng yaitu: melaksanakan langkah-langkah kegiatan yang tercantum dalam RPP, menjelaskan materi, menyiapkan bahan diskusi, melakukan diskusi, memberi pertanyaan serta penguataan terhadap materi dan melakukan kegiatan evaluasi. Aktivitas guru dalam menggunakan media gambar adalah sangat baik. Pada siklus I menunjukan hasil presentasenya dari 76.66% meningkat 86.66% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa srategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media gambar berkatagori sangat baik. pada aktivitas siswa saat dilakukan pembelajaran dengan penggunaan media gambar pada siklus I dengan hasil presentase 81.81% dan meningkat pada siklus II yaitu 95.45% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar M.Nur M.Pd; 2. Jailani, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Minat, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:38
Last Modified: 25 Oct 2017 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item
View Item