Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Hidroponik Pada Materi Bioteknologi Di SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Rizkun Auwali, 150207074 (2020) Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Hidroponik Pada Materi Bioteknologi Di SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Hidroponik]
Preview
Text (Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Hidroponik)
Rizkun Auwali, 150207074, FTK, PBL, 082311174800.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bioteknologi adalah ilmu terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia dan rekayasa genetika untuk menghasilkan produk maupun jasa. Bioteknologi dapat dibedakan atas dua macam yaitu bioteknol ogi konvensional dan modern. Permasalahan yang di dapatkan di SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh selatan dalam peroses belajar mengajar kurangnya media belajar terkait dengan hidroponik dalam materi bioteknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran hidroponik pada materi bioteknologi di SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan menyediakan modul praktikum media pembelajaran hidroponik dan video praktikum media pembelajaran hidroponik. Metode penelitian yang digunakan pada Penelitian ini yaitu Research and Development atau metode penelitian dan pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Kluet Timur, sedangkan sampelnya siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Kluet Timur yang terdiri dari 22 responden (siswa). Hasil uji kelayakan terhadap modul praktikum media pembelajaran hidroponik dan video pembelajaran hidroponik diperoleh persentase 85,3% dan 92,18% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap modul praktikun dan video pembelajaran hidroponik diperoleh persentase 85,2% dengan katagori sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nafisah Hanim, S.Pd, M.Pd 2. Nurdin Amin, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Respon Siswa, Materi Pembelajaran
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizkun Auwali
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:10
Last Modified: 03 Sep 2020 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item
View Item