Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Permainan Board Game dalam Pembelajaran IPS dikelas IV MIN2 Aceh Jaya

Zaimla, 160209074 (2020) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Permainan Board Game dalam Pembelajaran IPS dikelas IV MIN2 Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media permainan Board game dalam pembelajaran IPS dikelas IV MIN2 Aceh Jaya)
Zaimla, 160209074, FTK, PGMI, 082277158996.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang penggunaan media board game dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 2 Aceh Jaya dan telah dilaksanakan penelitian di kelas IV. Berdasarkan hasil temuan tentang masalah yang telah didapatkan di kelas tersebut terlihat bahwa prestasi belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba menggunakan media board game, karena media ini akan menarik perhatian siswa dalam belajar, dalam satu waktu terdapat dua kegiatan yaitu belajar sambil bermain, permainan ini akan memusatkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran yang guru jelaskan, dengan demikian peserta didik akan bersemangat dalam belajar dan tentu prestasi belajar akan meningkat. Adapun jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 2 Aceh Jaya tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 14 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta soal test dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan rumus persentase. Adapun kesimpulan dari hasil analisis penelitiana adalah 1. Hasil perolehan Aktivitas guru pada siklus I sebesar, 85,52 % (dikategorikan baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 97,36%( dikategorikan sangat baik), 2. Hasil perolehan aktivitas siswa pada siklus I sebesar, 80,26% (baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 96,05% (sangat baik), 3. Dan hasil belajar pada siklus I sebesar 57,14% (8 siswa tuntas, 6 siswa tidak tuntas ) dan meningkat pada siklus II sebesar 85,71% (12 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas). Jadi kesimpulannya bahwa dengan menggunakan media board game dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari hasil belajar pada pelajaran IPS di kelas IV MIN 2 Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd. Pembimbing II : Hafidh Maksum, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zaimla Zaimla
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:24
Last Modified: 03 Sep 2020 07:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item
TOP