Perancangan Bahan Ajar Instalasi Tenaga Listrik Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Sistem Dan Komponen Penyalur Petir (Lighting Rod)

Irma Nova Asriyati, 160211034 (2020) Perancangan Bahan Ajar Instalasi Tenaga Listrik Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Sistem Dan Komponen Penyalur Petir (Lighting Rod). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Bahan Ajar Instalasi Tenaga Listrik Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Sistem Dan Komponen Penyalur Petir (Lighting Rod)]
Preview
Text (Perancangan Bahan Ajar Instalasi Tenaga Listrik Terintegrasi Nilai Islami Pada Materi Sistem Dan Komponen Penyalur Petir (Lighting Rod))
Irma Nova Asriyati, 160211034, FTK, PTE, 082216761134.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penerapan tentang kurikulum Dinul Islam pada pembelajaran instalasi tenaga listrik, materi yang disampaikan masih jarang mengintegrasikan nilai keislaman. Hasil observasi diperkuat dengan analisa buku yang ada, didapatkan buku instalasi tenaga listrik yang ada di perpustakaan dan buku yang digunakan guru juga belum mengintegrasikan keislaman. Oleh karena itu diperlukan perancangan bahan ajar pembelajaran agar dapat membantu peserta didik mengetahui ayat-ayat Al-Qur’an dalam bahan ajar.
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui langkah membuat dan kelayakan bahan ajar pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik Berbasis Islami pada materi sistem dan komponen penyalur petir (lighting rod) untuk peserta didik kelas XI, bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research And Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk penelitian. Responden penelitian ini yaitu guru mata pelajaran ITL kelas TITL sebagai uji coba. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada empat orang ahli yaitu, ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli integrasi keislaman dan seorang guru mata pelajaran (ITL sebagai uji coba bahan ajar pembelajaran).
Hasil pengujian validasi bahan ajar pembelajaran yaitu validator ahli media ialah 75%, validator materi ialah 85%, validator bahasa ialah 75%, validator integrasi keislaman ialah 95%. Dengan nilai rata-rata dari keempat validasi ahli 82,5% dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji coba guru 85% dikategorikan sangat layak. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar pembelajaran menggunakan hasil pengujian sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hari Anna Lastya, MT 2. Fitriadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Penyalur Petir, Islami
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Depositing User: Irma Nova Asriyati
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:13
Last Modified: 03 Sep 2020 08:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item
View Item