Analisis Faktor-Faktor Hambatan Yang Mempengaruhi Minat Belajar Komputer Bagi Siswa Tunarungu Di Sma Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat Banda Aceh

Leni Febrina, 160212018 (2020) Analisis Faktor-Faktor Hambatan Yang Mempengaruhi Minat Belajar Komputer Bagi Siswa Tunarungu Di Sma Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Hambatan Yang Mempengaruhi Minat Belajar Komputer Bagi Siswa Tunarungu Di Sma Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Faktor-Faktor Hambatan Yang Mempengaruhi Minat Belajar Komputer Bagi Siswa Tunarungu Di Sma Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat Banda Aceh)
Leni Febrina,160212018, FTK, PTI, 081362716436.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini peneliti melakukan riset di SMA Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat minat belajar komputer siswa tunarungu SMA Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan statistik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian survey dan jenis penelitian ini penelitian ex-postfacto. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Total responden dalam poenelitian ini berjumlah 27 orang siswa. Penelitian ini menggunakan 4 variabel, yaitu Minat Belajar komputer (Y), Pengetahuan Komputer (X1), pendidik Komputer (X2) dan Kerumitan Belajar Komputer (X3). Hasil uji R Menunjukkan bahwa variabel Independen secara bersama-sama memiliki nilai Adjusted R Square dalam Uji R sebesar 0,602 atau 60,2%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai dari keeratan antara variabel independen terhadap variabel dependen menunjukkan presentase 60,2%. Sedangkan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh sebab-sebab yang lain diluar model penelitian ini. Hasil uji T menunjukkan bahwa X1 Memiliki pengaruh signifikan terhadap Y, bisa dilihat dari nilai Thitung 3,012 > 2,068 Ttabel, maka Ho ditolak dan Hɑ diterima maka hipotesis diterima. Variabel X2 Memiliki pengaruh negatif terhadap Y, bisa dilihat dari nilai Thitung -0,815 < 2,068 Ttabel, maka Ho diterima dan Hɑ ditolak maka hipotesis ditolak. Variabel X3 Memiliki pengaruh signifikan terhadap Y, bisa dilihat dari nilai Thitung 2,127 > 2,068 Ttabel, maka Ho ditolak dan Hɑ diterima maka hipotesis diterima. Dari hasil uji F dinyatakan bahwa semua variabel X mempunyai pengaruh simultan terhadap variabel Y, dimana perbandingan (valueSIG) > Taraf Signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Dari hasil Uji T yang dilakukan pada variabel Pendidik Komputer (X2) memiliki pengaruh negatif terhadap Y, bisa dilihat dari nilai Thitung -0,815 < 2,068 Ttabel, maka Ho diterima dan Hɑ ditolak maka hipotesis ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya pengalaman pendidik dengan siswa tunarungu.

Kata kunci: Minat Belajar, Analisis Pengaruh, Tunarungu, Komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Leni Febrina Leni
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:35
Last Modified: 03 Sep 2020 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item
View Item