Peran Guru dalam Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Di SMK Muhammadiyah Banda Aceh

Sri Hayatun Nufus, 160211002 (2020) Peran Guru dalam Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Di SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peran Guru dalam Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Di SMK Muhammadiyah Banda Aceh)
Sri Hayatun Nufus, 160211002, FTK, PTE, 082361422345.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran guru merupakan peran yang sangat penting di dalam kegiatan pembelajaran, karena peran guru sangat berpengaruh terhadap peserta didik dalam proses belajar mengajar. Dan faktor pendukung dan kendala guru juga berpengaruh dalam proses pembelajaran, karna faktor pendukung dan kendala guru merupakan antusias peserta didik terhadap materi pembelajaran yang diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menemukan jawaban terhadap suatu fenomena atau pertanyaan terhadap responden dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu metode wawancara dengan guru mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat berpengaruh terhadap antusias proses belajar mengajar peserta didik, dan peran guru tidak bisa sekedar menjadi fasilitator, karena pembelajaran dasar listrik dan elektronika masih baru bagi siswa yang duduk di kelas X dan perlu perdampingan. Sedangkan faktor pendukung guru adanya sumber-sumber yang memadai serta komponen-komponen dasar listrik dan elektronika dan faktor kendala guru, kesulitan dalam menyesuaikan KI dan KD membuat peserta didik sulit memahami materi pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan cara guru mengambil langkah-langkah pembelajaran yang disesuaikan untuk peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pembelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X di SMK Muhammadiyah Banda Aceh sudah tergolong peran dominan seorang guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, S. Ag., M.Pd 2. Malahayati, M.T
Uncontrolled Keywords: Peran guru, faktor pendukung dan kendala guru
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Depositing User: Sri Hayatun Nufus
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:11
Last Modified: 03 Sep 2020 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13551

Actions (login required)

View Item View Item
TOP