Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi SMA

Hanum Kausari, 150207031 (2020) Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi SMA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi SMA] Text (Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi SMA)
Hanum Kausari, 150207031, FTK, PBL, 085295978025 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tumbuhan paku (Pteridophyta) merupakan salah satu golongan tumbuhan yang dapat dibedakan dalam tiga organ pokok yaitu akar, batang dan daun yang termasuk dalam Kingdom Plantae. Tumbuhan paku termasuk sub materi yang dipelajari oleh peserta didik pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). Kajian tentang tumbuhan paku sebagai bahan penunjang pembelaran biologi di sekolah mengangah atas masih sangat terbatas, baik itu tentang keanekaragamannya maupun peranannya di ekositem. Kurangnya referensi serta minimnya media termasuk buku penunjang pembelajaran tentang tumbuhan paku dapat menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran materi tersebut. Penelitian keanekaragaman tumbuhan paku (Pteridophyta) dilakukan di kawasan Hutan Lindung Iboih Kota Sabang pada bulan Juni 2020 yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman tumbuhan paku yang akan dijadikan bahan penunjang pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan metode line transek. Hasil penelitian di dapatkan sebanyak 11 family dan 21 spesies tumbuhan paku. Family yang paling dominan adalah Family Polypodiaceae. Indeks keanekaragaman di Kawasan tersebut dikategorikan sedang, yaitu 2,8024. Hasil penelitian dimanfaatkan dalam bentuk buku penunjang pembelajaran yang diuji validasi dengan persentase 76% sehingga kategori layak. Respon peserta didik terhadap buku penunjang pembelajaran biologi pada materi Pteridophyta sangat positif dengan perolehan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muslich Hidayat, M. Si. 2. Mulyadi, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Pteridophyta, Pendidikan, Buku penunjang pembelajaran, Hutan lindung iboih.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman) > 581.6 Aneka Ragaman Tumbuhan Nontaksonomik (termasuk Herba)
Depositing User: Hanum Kausari hanum
Date Deposited: 03 Sep 2020 09:59
Last Modified: 03 Sep 2020 09:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item
View Item