Penerapan Model Start With A Quastion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Aceh Jaya

Sari Subki A.G, 160209080 (2020) Penerapan Model Start With A Quastion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Start With A Quastion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V MIN 1Aceh Jaya)
Sari Subki A.G, 160209080,FTK,PGMI,081375771782.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya menyangkut dengan proses pembelajaran IPS di MIN 1 Aceh Jaya khususnya kelas V. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa keaktifan siswa dalam bertanya menyangkut dengan proses pembelajaran yang berlangsung masih sangat kurang, hal ini menyangkut dengan model yang digunakan guru IPS dalam pembelajaran yang cenderung monoton. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba menggunakan model Start With A Quastion (LSQ), model mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam bertanya di kelas. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai subjeknya siswa kelas V MIN 1 Aceh Jaya tahun 2019-2020 yang terdiri dari 34 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran observasi aktivitas siswa.Adapun metode analisis data yang digunakan adalah rumus presentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada pra siklus sebelum dilaksanakan LSQ ini keaktifan siswa dalam bertanya masih sangat kurang yaitu 40%, setelah dilaksanakan siklus I meningkat dibandingkan sebelum dilakukan tindakan menjadi 79,60. Tapi masih ada 5 siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Setelah dilaksanakan siklus II peningkatan yaitu menjadi 85,44 meskipun masih ada siswa yang masih mendapatkan nilai di bawah standar KKM sebanyak 2 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya menggunakan LSQ ini dibandingkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd Pembimbing II : Al Juhra, S.Sos.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Penerapan , Start With A Quastion , Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Saubki A.G
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:20
Last Modified: 18 Sep 2020 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item View Item
TOP