Wilda Rahmi, 150201076 (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kuta Baro. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Wilda Rahmi, 150201076, FTK, PAI, 085330396652.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diangkat dari permasalahan kompetensi pedagogik guru pada saat proses pembelajaran. Dimana dalam penelitian ini penulis meneliti bagaimana kompetensi pedagogi guru PAI pada saat melakukan proses pembelajaran dan juga pengaruhnya terhadap pembelajaran. Kompetensi pedagogik itu sendiri merupakan kemampuan dalam mengelola pelajaran peserta didik, kemampuan dalam mendidik dan membelajarakan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI pada saat proses pembelajaran serta pengaruhnya terhadap pemebelajaran peserta didik. Penelitian ini mengggunakan pendekatan Mix Method (metode kombinasi). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan angket, dengan sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas VIII-C yang berjumlah 20 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini menungunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yang penulis tempuh dalam menganalisis hasil wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI pada saat proses pembelajaran sudah bagus, yang meliputi: pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pengembangan potensi peserta didik, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Dari sejumlah indikator kompetensi pedagogik guru dalam pemebalajaran hanya dua indikator yang masih belum mampu diterapkan oleh guru PAI pada saat proses pembelajaran, yang meliputi: pemanfaatan media dan metode pembelajaran serta pemanfaatan fasilitas teknologi informasi pada saat proses pembelajaran. Untuk pengaruh kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAI pada saat proses pembelajaran, sudah memberi pengaruh terhadap proses pembelajaran peserta didik, dimana meliputi: peserta didik memahami penyampaian materi yang disampaikan oleh guru, peserta didik senang mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI, suasana pembelajaran pada saat proses pembelajaran berjalan dengan nyaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Fuadi Mardhatillah, MA. 2. Dr. Muhammad Ichsan, S.Pd,I., M,Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru |
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 297 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.331 Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wilda Rahmi Wilda |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 02:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 02:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13580 |