Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar.

Indah Handayani, 160209053 (2020) Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar.]
Preview
Text (Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar.)
Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IB MIN 10 Aceh Besar ditemukan bahwa
kemampuan membaca siswa masih ada siswa yang kurang mampu membaca kata.
Dalam upaya peningkatan keterampilan membaca yang lebih baik peneliti
mencoba menerapkan salah satu media pembelajaran yaitu media Buku Cerita
Bergambar (BCB). Dengan penggunaan media ini akan membantu siswa lebih
mudah dalam membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan penggunaan media Buku Cerita Bergambar (BCB) di kelas IB MIN 10
Aceh Besar, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca
permulaan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas
guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes Membaca. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 79% dan sedikit meningkat
pada siklus II menjadi 89,5%, dan sangat baik pada siklus III yaitu 95,83%.
Aktivitas siswa juga meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 77,17%% pada
siklus II, dan meningkat sangat baik pada siklus III menjadi 93,47%. Sedangkan
hasil tes membaca pada siklus I yaitu 56,52%, meningkat sedikit pada siklusII
menjadi 78,26%, dan meningkat sangat baik pada siklus III yaitu 91%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media
Buku Cerita Bergambar (BCB) dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Handayani Indah
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:34
Last Modified: 04 Sep 2020 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item
View Item