Karakteristik Morfologi Serangga Ordo Pthiraptera (Kutu) Pada Mamalia Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi

Khaula, 150207079 (2020) Karakteristik Morfologi Serangga Ordo Pthiraptera (Kutu) Pada Mamalia Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Karakteristik Morfologi Serangga Ordo Pthiraptera (Kutu) Pada Mamalia Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi]
Preview
Text (Karakteristik Morfologi Serangga Ordo Pthiraptera (Kutu) Pada Mamalia Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi)
Khaula, 150207079, FTK, PBL, 082363893992.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://library.ac.id/

Abstract

Mata kuliah Entomologi merupakan satu diantara mata kuliah pilihan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, pada mata kuliah entomologi adanya kegiatan praktikum topik yang dipelajari yaitu ordo Pthiraptera (kutu) yang mempelajari tentang karakteristik morfologi serangga kutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik spesies dari serangga ordo Pthiraptera yang terdapat pada hewan mamalia serta menyediakan spesimen awetan kaca dan modul praktikum yang digunakan sebagai penunjang dalam praktikum entomologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu survey eksploratif dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan 6 spesies serangga kutu yaitu Haematomyzus elephantis, Haematopinus quandripertusus, Pediculus humanus capitis, lignonathus vituli, Domalinia bovis, domalinia ovis. Karakteristik morfologi dari setiap spesies kutu memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain meliputi bagian caput, thorak, dan abdomen serta ukurannya. Hasil uji kelayakan terhadap spesimen awetan kaca dan modul praktikum diperoleh persentase 77% dan 80% dengan kategori layak. Hasil respon mahasiswa terhadap spesimen awetan kaca dan modul praktikum diperoleh persentase keseluruhan dengan nilai 83,53% dengan kategori positif sebagai penunjang mata kulaih entomologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Isfanda, S.Kh. M.Si
Uncontrolled Keywords: Serangga Ordo Pthiraptera, Mamalia, Penunjang Praktikum
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khaula
Date Deposited: 04 Sep 2020 01:40
Last Modified: 04 Sep 2020 01:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item
View Item